Home » Didukung Industri MICE yang Menjanjikan, ASPERAPI Siap Jadi Tuan Rumah World Expo 2035

Didukung Industri MICE yang Menjanjikan, ASPERAPI Siap Jadi Tuan Rumah World Expo 2035

by Raja H. Napitupulu
2 minutes read
Ketua Umum ASPERAPI, Hosea Andreas Rungkat pada pembukaan Rakernas ASPERAPI, Kamis (25/4/24) di Medan.

ESENSI.TV - MEDAN

Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI) menargetkan menjadi tuan rumah dan siap menggelar kegiatan World Expo 2035. Karena itu, dukungan dari pemerintah sangat diharapkan.

Sebab, dalam pelaksanaan World Expo tersebut sudah melibatkan negara.

“Saat ini kita membidik World Expo yang akan digelar tahun ini. Karena industri MICE kita sudah dalam kondisi sanggup untuk pelaksanaan hal tersebut. Makanya kita butuh dukungan pemerintah sebab, ini sifatnya sudah B to B,” kata Ketua Umum ASPERAPI, Hosea Andreas Rungkat.

Hal itu dikatakan Hosea pada pembukaan Rakernas ASPERAPI, Kamis (25/4/24) di Medan.

ASPERAPI lajut Hosea, saat ini berkomitmen untuk memperkuat ekosistem industri Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“MICE telah menjadi industri yang menjanjikan dan ditetapkan sebagai industri strategis untuk meningkatkan pariwisata Indonesia. Karena itu dibutuhkan kebijakan yang harus diperhitungkan dan mampu mendorong perkembangan industri MICE di Indonesia. Inilah yang menjadi fokus dan komitmen ASPERAPI,” jelasnya.

Di Indonesia, kata Hosea, Industri MICE telah menghasilkan PDB sebesar USD7,8 miliar dan menciptakan 278 ribu lapangan pekerjaan. Bahkan tahun 2022 nilai transaksi dalam industri pameran mencapai Rp91,652 triliun.

“Pameran yang digelar oleh anggota ASPERAPI menjadi penggerak kunjungan bisnis ke Indonesia. Karena tahun 2023 lalu tercatat hampir 50% exhibitor pameran internasional berasal dari luar negeri,” kata Hosea.

Dikatakannya, tahun 2022, tercatat sebanyak 12.306 exhibitor. Sedangkan tahun 2023 mengalami peningkatan menjadi 22.532 exhibitor luar yang ikut andil dalam pameran internasional yang digelar di Indonesia.

Baca Juga  Jaga Kebugaran Jemaah, Kemenag Launching Senam Haji Indonesia

“Pada pelaksanaan Rakernas ASPERAPI 2024 ini, Sumut terpilih sebagai salah satu Super MICE Destinasi di Indonesia,” jelas Hosea.

Kembangkan Industri MICE

Sementara itu, Ketua Pelaksana Rakernas ASPERAPI 2024, Idham Mahadi mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih ditunjuknya Sumatera Utara (Sumut) menjadi tuan rumah pelaksanaan Rakernas ASPERAPI 2024.

Menurutnya, ini merupakan momentum yang sangat strategis dalam merangsang peningkatan industri MICE dan pameran di Sumatera Utara.

“Dalam RAKERNAS kali diharapkan muncul ide-ide kreatif untuk menumbuhkan kembangkan industri MICE dan Pameran. Apalagi kebutuhan akan kegiatan pameran mulai menggeliat dan menunjukan trend yang menggembirakan,” kata pria yang akrab disapa Didit ini.

Selaku Panitia dan Ketua DPD Sumut, Didit juga mengatakan, Rakernas ASPERAPI ini menjadi momen sosialisasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI. Dimana Sumut menjadi tuan rumah pelaksanaannya.

“Harapannya akan banyak side event dari kawan-kawan ASPERAPI pada pelaksanaannya nanti,” kata Didit.

Rakernas ASPERAPI 2024 diikuti oleh jajaran pengurus pusat dan 16 Ketua DPD ASPERAPI se-Indonesia. Selain itu, juga dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Sumut, Zumri Sulthony. Serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Medan, Agus Suriono. *

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Junita Ariani/Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life