Home » Diskominfo Sumut Sosialisasikan Tanda Tangan Elektronik, Solusi Percepat Kinerja

Diskominfo Sumut Sosialisasikan Tanda Tangan Elektronik, Solusi Percepat Kinerja

by Junita Ariani
1 minutes read
Kepala Diskominfo Sumut Ilyas Sitorus membuka Sosialisasi Tanda Tangan Elektronik di Lingkungan Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sumut.

ESENSI.TV - DELISERDANG, SUMUT

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumatera Utara (Sumut) menyosialisasikan tanda tangan elektronik. Sebuah sistem yang bisa menjadi solusi mempercepat kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

Saat ini masalah yang sering terjadi adalah keterlibatan ASN dalam menyelesaikan dokumen-dokumen karena masih menggunakan tanda tangan konvensional.

“Ruang dan waktu menjadi kendala ASN terutama pejabat untuk menandatangani dokumen-dokumen yang dibutuhkan,” kata Kepala Diskominfo Sumut, Ilyas S Sitorus.

Kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik berlangsung di Hotel Prime Plaza Kualanamu, Deliserdang, Rabu (31/5/2023).

Dikatakannya, melalui tanda tangan elektronik, hal tersebut bisa diatasi. Karena bisa melakukan tanda tangan dari mana saja menggunakan telepon genggamnya.

Ini merupakan inovasi yang bisa mengubah kultur konvensional ke digital dan tentunya mempercepat proses penyelesaian dokumen.

“Penggunaan tanda tangan elektronik membuat kinerja organisasi lebih ringan dan cepat. Tidak perlu repot lagi harus menandatangani dokumen secara manual dalam jumlah besar,” kata Ilyas Sitorus.

Baca Juga  Menteri Agama Minta Dirjen Turun Dong! Jika Ada Hambatan Bangun Rumah Ibadah

Mengenai masalah keamanan penggunaan tanda tangan elektronik, menurut dia, bisa diatasi dengan metode verifikasi keaslian dokumen yang menggunakan tanda tangan digital.

“Salah satu aplikasi yang dipresentasikan narasumber hari ini adalah aplikasi Besign. Karya Balai Sertifikasi Elektronik, Badan Siber dan Sandi Negara, tingkat keamanannya tinggi dan mudah menggunakannya,” kata Ilyas Sitorus.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Balai Sertifikasi Elektronik, Badan Siber dan Sandi Negara Abdul Khairul Zaka mengatakan, pentingnya membentuk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Karena itu harus bisa memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh dan terpadu untuk administrasi.

Kegiatan sosialisasi dihadiri perwakilan seluruh Kabupaten/Kota se-Sumut dan jajaran Balai Sertifikasi Elektronik, Badan Siber dan Sandi Negara. Hadir juga perwakilan OPD Pemprov Sumut serta pejabat administrator dan pengawas Pemprov Sumut. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life