Home » Pendiri Mustika Ratu Mooryati Soedibyo Tutup Usia 96 Tahun

Pendiri Mustika Ratu Mooryati Soedibyo Tutup Usia 96 Tahun

by Raja H. Napitupulu
2 minutes read
Mooryati Soedibyo. Foto: Ist

ESENSI.TV - JAKARTA

Tokoh yang dikenal dengan politisi, pakar kecantikan dan pengusaha pendiri Mustika Ratu Mooryati Soedibyo meninggal dunia di usianya yang 96 tahun pada hari ini Rabu (24/4/2024), di Jakarta, sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.

Informasi dari keluarga dan pihak Mustika Ratu menyebutkan Mooryati meninggal dalam usia 96 tahun dan saat ini disemayamkan di rumah duka Jalan Mangunsarkoro Nomor 69, Kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Almarhumah meninggalkan lima orang anak yakni Djoko Ramiadji, Putri Kus Wisnu Wardani, Dewi Nurhandayani, Haryo T. Baskoro dan Yulita Warastuti.

Rencananya, jenazah Mooryati Soedibyo akan dimakamkan di Tapos, Bogor, Jawa Barat pada siang ini. Jenazah akan berangkat ke tempat peristirahatan dari rumah duka setelah Ba’da Dzuhur

Dr. Hj. B.R.A. Mooryati Soedibyo S.S., M.Hum, lahir pada tanggal Januari 1928 – 24 April 2024. Dia pernah menjadi Wakil Ketua II Majelis Permusyawaratan Rakyat Periode 2004-2009.

Mooryati adalah pendiri Mustika Ratu, perusahaan kecantikan yang menggunakan rempah-rempah dan bahan alami khas Indonesia.

Selain memproduksi kosmetik dan obat herbal atau jamu berbahan alami, dia adalah pendiri Yayasan Putri Indonesia yang digelar setiap tahun. Soedibyo juga tercatat oleh MURI sebagai peraih gelar doktor tertua di Indonesia dan sebagai Empu Jamu.

Baca Juga  Krisis Air, Komunitas Tendik UGM Bantu Air Bersih kepada Masyarakat Gunungkidul

Wanita Paling Berpengaruh

Dia juga masuk sebagai urutan nomor 7 dalam daftar 99 wanita paling berpengaruh di Indonesia 2007 versi majalah Globe Asia.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, tahun 1973, hobi minum jamu Soedibyo yang dilakukan sejak masih belia, akhirnya dikembangkannya sebagai usaha.

Ramuan jamu resep Keraton Surakarta yang semula diberikan kepada teman-temannya, akhirnya berubah menjadi bisnis. Produknya mulai diekspor ke kurang lebih 20 negara, diantaranya Rusia, Belanda, Jepang, Afrika Selatan, Timur Tengah, Malaysia dan Brunei.

Produknya juga berkembang menjadi 800 buah produk, mulai dari balita, umum, super, dan premium.[5] Diawali dengan produk untuk orang tua sampai dengan remaja puterinya.

Tahun 1992 ia meluncurkan ajang Puteri Indonesia, yang dikembangkannya setelah menyaksikan acara Miss Universe di Bangkok pada bulan Mei 1992.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life