Home » Hari Ini Hari Kebangkitan Nasional, Ini Makna dan Semangatnya

Hari Ini Hari Kebangkitan Nasional, Ini Makna dan Semangatnya

Ir. Syahrial Loetan, MCP (Pengamat Perencanaan Pembangunan Nasional)

by Administrator Esensi
3 minutes read
Hari Kebangkitan Nasional

ESENSI.TV - JAKARTA

Hari ini adalah hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Ini adalah perayaan yang diadakan setiap tahunnya pada tanggal 20 Mei di Indonesia. Harkitnas merupakan momen penting yang membangkitkan semangat nasionalisme dan mengingatkan kita akan perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan serta membangun negara yang merdeka dan berdaulat.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah Harkitnas dan bagaimana perayaan ini menjadi simbol penting dalam memupuk semangat kebangkitan nasional di Indonesia.

Hari Kebangkitan Nasional pertama kali dirayakan pada tahun 1928. Pada tanggal 20 Mei 1928, diadakan Kongres Pemuda II di Jakarta, yang dihadiri oleh para pemuda dari berbagai daerah di Indonesia. Kongres ini menjadi titik awal pergerakan nasional Indonesia yang lebih terorganisir dan melahirkan Sumpah Pemuda, sebuah deklarasi penting yang menegaskan tekad persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Pada Kongres Pemuda II, terdapat tiga keputusan penting yang diambil. Pertama, penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Kedua, berdirinya organisasi pemuda Indonesia, yaitu Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Batak, dan Jong Ambon. Dan ketiga, penetapan tanggal 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional, yang bertujuan untuk memperingati semangat kebangkitan pemuda Indonesia dalam menegakkan cita-cita kemerdekaan.

Harkitnas memiliki makna dan tujuan yang sangat penting dalam membangkitkan semangat nasionalisme di Indonesia. Perayaan ini menjadi wadah untuk mengenang dan menghargai perjuangan para pemuda pada Kongres Pemuda II serta semangat kebersamaan dan persatuan yang diusung dalam Sumpah Pemuda.

Tujuan utama Harkitnas adalah untuk memperkokoh semangat kebangkitan nasional di kalangan generasi muda Indonesia. Melalui perayaan ini, diharapkan generasi muda dapat memahami dan menghargai nilai-nilai persatuan, kesatuan, dan kebhinekaan dalam membangun bangsa. Harkitnas juga bertujuan untuk memupuk rasa cinta tanah air, mengembangkan semangat patriotisme, dan memotivasi partisipasi aktif dalam pembangunan negara.

Setiap tahun, Harkitnas dirayakan dengan berbagai kegiatan dan acara di seluruh Indonesia. Pemerintah, sekolah, organisasi pemuda, dan masyarakat umum aktif terlibat dalam merayakan peristiwa penting ini. Perayaan Harkitnas umumnya melibatkan upacara bendera, pembacaan teks proklamasi, penampilan seni budaya, diskusi, seminar, serta kegiatan kebangsaan lainnya.

Seiring perjalannya waktu, sejarah mengajarkan para pendiri bangsa Indonesia memiliki berbagai harapan yang diwujudkan melalui Hari Kebangkitan Nasional.

Pertama, mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa: Salah satu harapan utama para pendiri bangsa adalah menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Mereka menyadari bahwa kekuatan dan keberhasilan bangsa ini terletak pada persatuan seluruh komponen masyarakat, tanpa memandang suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Harkitnas menjadi momen penting untuk mengingatkan generasi muda tentang pentingnya persatuan dalam membangun dan memajukan bangsa.

Kedua, mempertahankan dan mempelihara nilai-nilai Nasionalisme: Para pendiri bangsa berharap agar generasi muda Indonesia memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi dan semangat nasionalisme yang kuat. Mereka ingin masyarakat Indonesia memahami dan menghargai warisan budaya, sejarah, dan nilai-nilai Indonesia yang khas. Harkitnas menjadi sarana untuk merangsang semangat cinta tanah air dan membangun identitas nasional yang kuat.

Ketiga, mendorong pembangunan bangsa yang berkelanjutan: Para pendiri bangsa ingin agar generasi muda aktif terlibat dalam pembangunan bangsa yang berkelanjutan. Mereka ingin agar generasi muda memiliki semangat kebangkitan untuk terus bekerja keras dalam memajukan Indonesia. Melalui Harkitnas, diharapkan generasi muda dapat memperoleh inspirasi dan motivasi untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi, sosial, dan politik Indonesia.

Baca Juga  Dianggap Pelanggaran Etika Politik Serius, Rakyat Sesalkan Politik Dinasti Jokowi di Pemilu 2024

Keempat, menghargai perjuangan para pahlawan: Harapan lainnya adalah agar generasi muda Indonesia menghargai dan mengenang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Harkitnas menjadi kesempatan untuk mengajarkan sejarah perjuangan bangsa kepada generasi muda, sehingga mereka dapat menghormati dan meneladani semangat perjuangan para pahlawan.

Kelima, membangun kehidupan demokratis: Para pendiri bangsa berharap agar Harkitnas dapat memperkuat prinsip-prinsip demokrasi di Indonesia. Mereka ingin agar masyarakat Indonesia dapat menjunjung tinggi kebebasan, hak asasi manusia, keadilan, dan partisipasi aktif dalam kehidupan politik negara. Harkitnas menjadi momen penting untuk membangun kesadaran akan pentingnya demokrasi dan mendorong generasi muda untuk berperan sebagai agen perubahan dalam menciptakan masyarakat yang adil dan demokratis.

Penerapan Harkitnas memiliki peran yang penting dalam pembangunan Indonesia.

Diantaranya, pendidikan dan pemahaman sejarah: Harkitnas dapat diimplementasikan dalam sistem pendidikan untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap sejarah bangsa. Pembelajaran sejarah yang melibatkan peristiwa-peristiwa penting dalam perjuangan kemerdekaan dan pembentukan negara Indonesia dapat membantu membangun identitas nasional yang kuat pada generasi muda. Peningkatan pemahaman sejarah dapat mendorong rasa cinta tanah air, semangat kebangsaan, dan kesadaran akan nilai-nilai nasional.

Pembangunan karakter bangsa: Harkitnas dapat menjadi sarana untuk membangun karakter bangsa yang kuat dan berintegritas. Melalui peringatan Harkitnas, nilai-nilai seperti persatuan,kerja sama, keberagaman, dan semangat kebangsaan dapat ditanamkan dalam pendidikan karakter di sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Dengan membangun karakter bangsa yang baik, diharapkan generasi muda dapat menjadi pilar pembangunan yang tangguh dan berkontribusi positif bagi kemajuan negara.

Pemberdayaan masyarakat: peringatan Harkitnas dapat menjadi momen yang tepat untuk mendorong partisipasi dan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan. Melalui kegiatan seperti diskusi, seminar, dan lokakarya, masyarakat dapat diajak untuk berkontribusi dalam merumuskan solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh bangsa. Harkitnas juga dapat menjadi ajang untuk mengenalkan program-program pembangunan dan mengajak masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam pelaksanaannya.

Promosi pariwisata dan budaya: Harkitnas dapat digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan pariwisata dan kekayaan budaya Indonesia. Dalam perayaan Harkitnas, dapat diadakan festival budaya, pameran seni, dan pertunjukan tradisional yang memperkenalkan keindahan seni, budaya, dan kekayaan alam Indonesia. Hal ini dapat mendorong sektor pariwisata yang berpotensi menjadi sumber pendapatan negara dan menciptakan lapangan kerja baru.

Pembangunan infrastruktur dan ekonomi: Harkitnas juga dapat dijadikan momentum untuk menggugah semangat kebangkitan dan inovasi dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi. Peringatan ini dapat menjadi ajang untuk mempromosikan proyek-proyek pembangunan yang strategis, mendorong investasi, serta mendorong pengembangan sektor industri dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dengan demikian, Harkitnas dapat memberikan kontribusi dalam menggerakkan roda pembangunan ekonomi negara.

 

Editor: Raja H. Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life