Home » Jelang Iduladha, Karantina Pertanian Belawan Pastikan Kesehatan Sapi di IKH

Jelang Iduladha, Karantina Pertanian Belawan Pastikan Kesehatan Sapi di IKH

by Junita Ariani
2 minutes read
Hewan kurban

ESENSI.TV - MEDAN

Jelang hari raya Iduladha, Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Belawan memastikan kesehatan sapi yang sudah tersedia.

Karantina Pertanian Belawan melakukan monitoring dan pengawasan langsung ke kandang pemilik PT Lembu Andalas Langkat.

“Kami harus memastikan hewan sapi yang tersedia di Instalasi Karantina Hewan (IKH) milik PT. Lembu Andalas Langkat dalam keadaan sehat,” ujar Kepala Karantina Pertanian Belawan Lenny Hartati Harahap.

Menurut Lenny, ketentuan persyaratan IKH sesuai dengan Permentan nomor 70 tahun 2015 harus memenuhi persyaratan administrasi.

Begitu juga dengan teknis kajian risiko yang didasarkan pada status dan stuasi hama penyakit hewan Karantina (HPHK). Serta jarak populasi rentan dengan lokasi IKH.

Dikatakan Lenny, hewan sapi sebelum masuk IKT sudah memiliki nomor barkode (RF.ID) dan tercatat dari negara asal.

“Kemudian dilakukan lagi pengambilan sampel darah untuk diuji di laboratorium. Hal ini untuk memastikan bahwa sapi yang masuk sehat dan bebas bakteri brucella, “ujar Lenny dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/6/2023), di Medan.

Baca Juga  Edukasi Sangat Penting untuk Menghadapi Tantangan Kanker Paru Paru.

Lenny menerangkan dalam setiap melakukan pengawasan pihaknya selalu menyarankan untuk selalu memberikan pellet yang sesuai.

Juga memberikan pakan ternak yang baik seperti bungkil jagung, kulit kopi, kulit ari kopi dan ampas kopi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan hewan.

Elias, Manajer IKH PT. Lembu Andalas Langkat mengatakan, PT. Lembu Andalas Langkat, memiliki 3 suplier sapi dengan standar internasional. Yaitu Oustraik, Halen dan Hiley.

Sebelum sapi masuk rumah potong hewan (RPH), pihak suplier memeriksa fasilitas kandang sapi, kelayakan RPH.

“Kami selalu mematuhi semua persyaratan karantina sesuai dengan Permentan 70 tahun 2015. Juga telah memperpanjang masa IKH sejak Agustus tahun 2021 hingga Agustus tahun 2024,” tutur Elias.

Berdasarkan Data IQFast Karantina Pertanian Belawan lalulintas sapi milik PT. Lembu Andalas Langkat melalui pelabuhan Belawan selama tahun 2021 sebanyak 7.941 ekor. Dan, tahun 2022 sebanyak 7.937 serta tahun 2023 sebanyak 1.696 ekor. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life