Home » Sebanyak 34.000 Eksemplar Mushaf Al-Qur’an dan Surah Yasin Disalurkan ke 34 Provinsi

Sebanyak 34.000 Eksemplar Mushaf Al-Qur’an dan Surah Yasin Disalurkan ke 34 Provinsi

by Junita Ariani
1 minutes read
Kemenag menyalurkan 34.000 eksemplar Mushaf Al-Qur’an dan Surah Yasin ke 34 provinsi di Indonesia. Jumlah ini terdiri atas 17.000 Mushaf Al-Qur’an dan 17.000 Surah Yasin.

ESENSI.TV - BOGOR

Kementerian Agama (Kemenag) menyalurkan 34.000 eksemplar Mushaf Al-Qur’an dan Surah Yasin ke 34 provinsi di Indonesia. Jumlah ini terdiri atas 17.000 Mushaf Al-Qur’an dan 17.000 Surah Yasin.

Paket tersebut dikirim dari Unit Percetakan Al-Qur’an (UPQ) ke masing-masing provinsi pada 11 Maret 2024. Setiap provinsi menerima 500 Mushaf Al-Qur’an dan 500 Surah Yasin.

“Nantinya, Kanwil Kemenag Provinsi yang akan mendistribusikan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan,” terang Kepala UPQ Jamaluddin di Bogor, Selasa (12/3/2024).

Kepada penerima di Kanwil Kemenag Provinsi, Jamaluddin berpesan agar memerhatikan penempatan dan penyimpanan Al-Qur’an.

Sesuai Petunjuk Teknis Bantuan dan Pendistribusian Produk Unit Percetakan Al-Qur’an, penyimpanan Al-Qur’an di tempat yang bersih dan suci. Serta ditempatkan di posisi paling atas dengan jarak minimal 30 cm dari permukaan tanah.

Baca Juga  Kemenag Tugaskan Auditor Tersertifikasi Mitigasi Risiko Tata Kelola Zakat

“Pemindahan Al-Qur’an dari gudang penyimpanan ke lokasi lain juga harus mematuhi aturan syar’i, di mana dilarang untuk membanting dan merusaknya,” pesan Jamaluddin.

Ia juga berharap sesampainya di Kanwil Kemenag Provinsi, bisa langsung segera didistribusikan kepada yang membutuhkan. Menurutnya, ketersediaan kitab suci tersebut sangat penting dalam meningkatkan literasi Al-Qur’an di masyarakat.

“Kami melihat bahwa jumlah ketersediaan mushaf berpengaruh pada tingkat literasi Al-Qur’an. Wilayah dengan jumlah mushaf yang cukup cenderung memiliki persentase buta huruf Al-Qur’an yang lebih rendah,” ungkapnya.

“Semoga akses umat Islam terhadap Al-Qur’an ke depan semakin merata dan itu dapat membantu meningkatkan pemahaman serta indeks literasi masyarakat terhadap kitab suci,” harapnya.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life