Home » Setop 4 Kebiasaan Ini Karena Bisa Buat Anak Jadi Tumbuh Pendek

Setop 4 Kebiasaan Ini Karena Bisa Buat Anak Jadi Tumbuh Pendek

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Ilustrasi Stunting

ESENSI.TV - JAMBI

Hai moms! Pasti seluruh orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya, termasuk tumbuh tinggi dan memiliki gizi yang seimbang.

Walaupun selalu mengusahakan yang terbaik untuk anakmu, ternyata tak ada salahnya untuk tetap memperhatikan kebiasaan dan gaya hidup sehati-hari.

Mengapa demikian? Ternyata selain genetik, jangan sepele terhadap kebiasaan di dilakukan anak kamu dalam proses tumbuh kembangnya, sangat berpengaruh, lho bund.

Walaupun peneliti sudah menemukan bahwa genetic dapat mempengeruhi tinggi badan anak hingga 80 persen, kebiasaan seperti anktifitas fisik, pla makan, dan pola tidur juga tak kalah penting.

Untuk itu, yuk simak, ini dia 4 kebiasaan yang harus kamu perhatikan agar si kecil tumbuh dengan optimal. Dilansir dari laman hai.bunda.

1. Banyak Minum Teh

Teh memang nikmat bila di minum saat keadaan panas. Nmun, minuman yang satu ini mengandung kafein yang membuat si kecil jadi aktif dan sulit tidur.

Dikutip dari kids health, zat tersebut dapat menghambat otak anak dalam menyerap zat besi. Tak hanya itu, karena kafein juga anak akan kehilangan jam tidurnya yang padahal sangat penting untuk tumbuh kembangnya.

2. Banyak Makan Micin

Monosodium glutamate (MSG) atau yang sering kita kenal dengan micin dapat berisiko menghambat pertumbuhan tinggi anak, lho bund.

Baca Juga  Curhat Stephen Spielberg Soal Film Fabelmans

Walaupun rasanya yang gurih, ternyata MSG dapat menganggu produksi hormon tiroksin dan paratiroid yang fungsinya untuk mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam darah.

3. Begadang

Tak jarang bunda membiarkan si kecil tidur larut malam dengan alasan tak teg ajika harus di paksa.

Namun, dikutip dari laman baby center, hormon pertumbuhan dalam tubuh si kecil dipengerahui oleh jam dan kualitas tidur, lho.

Jika bunda melewatkan hal ini, maka akan menganggu tumbuh kembang anakmu.

4. Kurang Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup sangat di butuhkan untuk untuk menjaga metabolisme si kecil. Jika proses metabolisme terganggu, maka pertumbuhan anak juga tidak akan maksimal.

Memenuhi cairan harian anak memang penting, namun ingat, jangan yang tinggi gula, ya bund. Walaupun anakmu suka manis, ternyata gula dapat mempengaruhi kadar insulin hingga dapat menurunkan kapasitas pertumbuhan tubuh anak.

Nah, itu dia 4 kebiasaan yang harus kamu perhatikan untuk tumbuh kembang anakmu, bund. Jangan sampai terlewat ya!

Penulis: Rheyna Leony
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral
#beritaterkini

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life