Home » Sidang Panji Gumilang Tak Dilakukan di Indramayu, Ini Alasannya

Sidang Panji Gumilang Tak Dilakukan di Indramayu, Ini Alasannya

by Ale Luna
1 minutes read
Sidang Panji Gumilang Tak Dilakukan di Indramayu, Ini Alasannya/Humas Polri

ESENSI.TV - JAKARTA

Bareskrim Polri menyebut sidang kasus dugaan penistaan agama dengan tersangka Panji Gumilang tidak disarankan di Indramayu, Jawa Barat. Walaupun Panji dan berkas pemeriksaan sudah diserahkan ke Kejaksaan Indramayu.

“Hasil analisis intelijen meyampaikan disarankan sidang jangan di Indramayu,” kata Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Djuhandani Rahardjo dalam keterangannya, dilansir laman www.humas.polri.go.id, Senin (30/10).

Djuhandani menyebut lokasi persidangan masih dipertimbangkan. Hal itu dilakukan pihak terkait di daerah.

“Wilayah yang akan menentukan lebih lanjut,” ungkap dia.

Djuhandani menyampaikan sejumlah pertimbangan persidangan Panji tak dilakukan di Indramayu. Salah satunya pertimbangan keamanan di tengah penyelenggaraan tahapan Pemilu 2024.

“Bahwa pertimbangan memauski masa atau tahapan pemilu sehingga kita tetap menjaga situasi wilayah agar aman terkendali,” ujar dia.

Diketahui, Panji merupakan pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun yang berada di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat yang tersangkut beberapa kasus mulai dari dugaan penistaan agama hingga pencucian uang.

Sebelumnya, penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri periksa sebanyak 38 orang saksi terkait kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang diduga dilakukan oleh pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang.

Baca Juga  Kapolri Ikut Bicara Soal Kasus Panji Gumilang, Ini Katanya

“Penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap 38 orang saksi, termasuk dari pihak yayasan dan pihak lain yang terkait Sdr. PG (Panji Gumilang),” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan belum lama ini.

Selain pemeriksaan saksi, penyidik juga telah melakukan pemblokiran rekening sebanyak 147 rekening milik Panji, YPI, dan badan hukum lainnya. Serta dilakukan penyitaan dokumen surat yang berkaitan dengan Panji Gumilang.

“Penyidik juga telah melaksanakan koordinasi dengan ahli yayasan, ahli pidana, dan pihak Kementrian Hukum dan HAM terkait proses yang sedang berjalan,” ujar Ramadhan.

Adapun rencana tindak lanjut penyidikan yaitu akan dilakukan pemeriksaan terhadap ahli, melanjutkan pemeriksaan terhadap pihak yayasan dan pihak terkait lainnya, serta akan melaksanakan koordinasi dengan pihak instansi Kementrian terkait legalitas yayasan.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral

#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life