Home » Sudah 12 Tahun, Gaji dan Tunjangan KBRI Indonesia Belum Alami Kenaikan

Sudah 12 Tahun, Gaji dan Tunjangan KBRI Indonesia Belum Alami Kenaikan

by Administrator Esensi
1 minutes read
Sturman Panjaitan: Dukung Anggaran Kemlu, 12 Tahun Gaji dan Tunjangan Diplomat Belum Naik

ESENSI.TV - JAKARTA

Anggota Komisi I DPR RI Sturman Panjaitan menilai pagu anggaran Kementerian Luar negeri saat ini masih sangat kurang. Pasalnya, sudah 12 tahun, gaji dan tunjangan dari pegawai ini baik staf lokal. Maupun staf lain yang ada di seluruh KBRI Indonesia belum naik.

“Padahal setiap tahun itu harga harga dan tingkat inflasi tinggi di luar negeri. Bayangkan saja kalau mereka datang (ke suatu negara) kalau 12 tahun yang lalu bisa di dekat KBRI. Di kota, (bisa) untuk sewa rumah. Sekarang, mereka harus 1 jam (jarak perjalanan) di luar sana. Untuk bisa masuk ke kantor karena sudah tidak terjangkau lagi,” terang Sturman ketika ditemui langsung Parlementaria. Di sela Rapat Kerja Komisi I dengan Kemlu di Gedung Nusantara I, DPR RI, Senayan, Jakarta (31/8/2023).

Baca Juga  233 Babi Mati Mendadak di NTT

Selain itu menurutnya, Kemlu merupakan etalase Indonesia di luar negeri. Sehingga dirinya berharap diplomat-diplomat Indonesia mendapatkan dukungan. Sehingga, mereka tidak masih sibuk fokus memenuhi urusan perutnya, di sisi lain ada usaha-usaha diplomasi di negara lain yang harus dipenuhi.

“Harus kita support agar mereka tidak memikirkan perutnya. Tapi memikirkan bagaimana membuat suasana berbisnis, berdagang, berdiplomasi dengan negara lain dengan baik. Itulah yang kita harapkan, Walaupun kita tahu dan sadar bahwa kementerian, pemerintah belum mampu memenuhi semua kebutuhan mereka,” tutupnya.

Editor: Nabila Tias Novrianda/Addinda Zen

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life