Home » Tarif Transjakarta Bandara Diperkirakan Di Atas Rp3.500

Tarif Transjakarta Bandara Diperkirakan Di Atas Rp3.500

by Addinda Zen
2 minutes read
Transjakarta Bandara

ESENSI.TV - JAKARTA

Tarif bus Transjakarta ke Bandara Soekarno Hatta disebut akan berada di atas Rp3.500. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyampaikan, saat ini pihaknya masih menghitung secara proporsional. Sebelumnya, Transjakarta rute Terminal Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta) telah dilakukan uji coba selama dua pekan sejak 5 Juli lalu. Tarif Transjakarta Bandara selama uji coba hanya Rp0.

“Sekarang sedang dihitung, akan dihitung secara proporsionalnya nanti. Mungkin di atas (Rp3.500) sedikit,” jelas Heru, dikutip dari ANTARA, Jumat (21/7).

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta masih melakukan evaluasi dan perhitungan tarif bersama PT. Transjakarta. Heru juga menyebut, animo masyarakat yang menggunakan layanan bus Transjakarta Bandara ini cukup tinggi. Banyak masyarakat yang merasa terbantu dengan Transjakarta rute ini.

“Sejauh ini, laporan dari Dinas Perhubungan lancar. Animonya cukup membantu masyarakat yang menggunakan transportasi ke arah Kalideres, ke Bandara Soekarno Hatta,” ujar Heru.

Jam Layanan Transjakarta Bandara

Jam keberangkatan bus Transjakarta bandara ini terbagi menjadi dua bagian untuk kedua arah. Bagian pertama, pagi hari pukul 06.00 WIB-09.00 WIB. Sementara untuk bagian kedua, sore hari pukul 18.00 WIB-21.00 WIB.

Namun, mulai Rabu (19/7), jam layanan rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno Hatta diubah menjadi 05.00-08.30 WIB. Sementara untuk bagian sore, mulai pukul 16.15-20.30 WIB. Hal ini berdasarkan pertimbangan jam kerja di kawasan perkantoran pergudangan. Hal ini disampaikan Direktur Operasional dan Keselamatan Transjakarta, Daud Joseph.

Baca Juga  20 Lukisan Karya Difabel Dipajang di Bandara Soetta

“Ternyata kawasan perkantoran pergudangan jam 6 itu jam masuk kerjanya. Jadi, kalau kami baru mulai antar dari Terminal Kalideres sampai di sana jam 7, mereka sudah terlambat,” ujarnya.

Perubahan jam layanan ini akan diterapkan pada uji coba tahap kedua. Transjakarta telah mendapat izin dari Dishub DKI Jakarta dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk memajukan jam layanan.

Lebih lanjut, disebutkan Daud, rata-rata jumlah penumpang satu hari mencapai 700 orang. Dari jumlah tersebut, terbagi atas 400 penumpang di pagi hari dan 300 penumpang di sore hari. Sebagian besar penumpang Transjakarta rute ini terdiri dari pekerja bandara yang berada di berbagai wilayah, dari Lebak Bulus hingga Bekasi.

Tersedianya layanan rute Bandara ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Sebelumnya, para pekerja di Bandara menggunakan kendaraan bermotor menuju tempat kerja.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life