Home » Wamenkeu: Pembangunan Pasar Mardika Ini Habiskan Anggaran Rp134 Miliar

Wamenkeu: Pembangunan Pasar Mardika Ini Habiskan Anggaran Rp134 Miliar

by Junita Ariani
2 minutes read
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara berkunjung ke pembangunan Pasar Mardika yang terletak di Kota Ambon, Provinsi Maluku.

ESENSI.TV - AMBON

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara berkunjung ke pembangunan Pasar Mardika yang terletak di Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Dalam kunjungannya, Wamenkeu didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Sadali, jajaran Kementerian PUPR, dan jajaran Kementerian Keuangan.

“Kami dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) datang ke kota Ambon salah satunya untuk melihat pembangunan dari Pasar Mardika. Yang saat ini dikerjakan oleh teman-teman dari Kementerian PUPR,” kata Wamenkeu, dikutip, Jumat (18/8/2023).

Pasar ini kata Wamenkeu, dikerjakan selama 3 tahun, menggunakan anggaran 3 tahun, yaitu anggaran tahun 2021, 2022 dan APBN 2023. Dengan total nilai anggaran Rp134 miliar lebih.

Setelah revitalisasi, Pasar Mardika kini dilengkapi sejumlah fasilitas seperti lift, eskalator, mushola, toilet, ruang menyusui, dan fasilitas tambahan lainnya.

Saat ini, pasar berlantai 4 ini sudah selesai dikerjakan oleh Kementerian PUPR pada Juni 2023 lalu. Selanjutnya, Kemenkeu akan menyiapkan peraturan mengenai penyerahan hibah aset negara tersebut kepada Provinsi Maluku.

“Harapannya, aset yang dibangun dengan APBN dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Pedagang dapat maksimal mempergunakan fasilitas di pasar untuk berjualan dan mendapatkan penghasilan,” jelasnya.

Baca Juga  Sejak 2014, Pembangunan Papua Habiskan Anggaran Rp1.036 Triliun

Sementara masyarakat pembeli bisa membeli dengan nyaman masuk ke dalam pasar. Sehingga pada saat yang bersamaan ekonomi masyarakat di daerah Ambon dan sekitarnya bisa berjalan dengan baik dan cepat.

Bisa Beroperasi Secepatnya

Sementara itu, Sekda Provinsi Maluku, Sadali, mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Maluku memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah pusat. Terhadap pembangunan pasar modern di kota Ambon yang sudah rampung secara fisik.

Saat ini, Pemprov Maluku sedang menunggu terbitnya aturan penyerahan hibah pasar Mardika sebagai BMN dari Pemerintah Pusat kepada Pemprov Maluku.

“Dalam kesiapan mengisi (pasar) ini, pemerintah (daerah) telah melakukan langkah-langkah pendataan terhadap pedagang. Kita akomodir ternyata ada kurang lebih 1.352 pedagang untuk mengisi lantai 1 dan 2,” kata Sadali.

Ia berharap pasar Mardika ini secepatnya bisa beroperasi dan para pedagang bisa langsung berjualan. Sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat kehadiran dari pasar modern ini. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life