Home » Gempa Guncang Ambarawa Pagi Ini, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Guncang Ambarawa Pagi Ini, Tidak Berpotensi Tsunami

by Ale Luna
1 minutes read
Gempa Guncang Ambarawa Pagi Ini, Tidak Berpotensi Tsunami/BMKG

ESENSI.TV - BANYU BIRU

Gempa guncang wilayah Ambarawa, tepatnya Banyu Biru, Jambu pada Sabtu (27/5). Gempa berkekuatan Magnitudo 2,4 itu tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan, episenter gempa guncang Ambarawa ini terletak pada koordinat 7.31 LS ; 110.33 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 km TimurLaut Temanggung, Jawa Tengah pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” kata Daryono dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut ia menerangkan, berdasarkan hasil pemodelan peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini dirasakan di Kecamatan Banyu Biru dan Jambu, Kab Semarang, Jawa Tengah dengan skala intensitas I – II MMI (Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang dan Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.).

Baca Juga  285 Kali Gempa Susulan Terjadi di Jayapura

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” katanya.

Hingga pukul 06.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan ( aftershock )

BMKG mengimbau agar masyarakat tidak panik dan selalu meningkatkan kewaspadaan. Selalu menjaga keselamatan diri dan keluarga, serta tidak mempercayai informasi atau berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Informasi lain terkait BMKG bisa akses laman www.bmkg.go.id.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral

#beritaetrkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life