Home » Ini 4 Kegiatan yang Perlu Rutin Kamu Lakukan Biar Ususmu Bersih

Ini 4 Kegiatan yang Perlu Rutin Kamu Lakukan Biar Ususmu Bersih

by Erna Sari Ulina Girsang
1 minutes read
Asam Lambung

Kamu tahu gak kalau pencernaan manusia itu sangat kompleks. Sebagian besar fungsi dari sistem pencernaan manusia diambil alih oleh usus.

Itulah sebabnya mengapa kesehatan organ yang satu ini sangat penting untuk kelancaran sistem pencernaan manusia. Karena apabila organ pencernaan mu sehat dan terjagaakan membuat hidupmu lebih nyaman.

Ingat! Pencernaan yang sehat adalah saat usus dalam keadaan yang bersih, karena apabila bersih maka ia akan bekerja dengan maksimal dalam metabolism kamu.

Namun, kamu gak perlu khawatir kalau ususmu kotor, gak perlu mencucinya, kamu bisa membersihkannya dengan 4 cara ini, dilansir dari laman siloam hospital.

1. Clean Eating

Pencernaan yang kotor bisa saja terjadi karena makanan kamu yang gak sehat, atau terlalu sering makan olahan cepat saji sehingga kamu tidak mendapatkan nutrisi yang baik untuk pencernaanmu.

Jika kamu ingin membersihkan organ pencernaanmu, maka kamu harus memperlancar metabolisme kamu terlebih dahulu, yaitu dengan memakan makanan sehat dan bersih.

Seperti buah-buahan atau sayur-sayuran yang kaya akan serat. Serat dikenal sebagai pencegah sembelit dan membuat kotoranmu lebih mudah di keluarkan dari tubuh.

Baca Juga  5 Manfaat Cuka Apel bagi Kesehatan Tubuh

2. Rajin Olahraga

Untuk menjaga agar presentasi lemak di tubuh kamu tetap ideal, kamu perlu berolahraga.

Olahraga bisa membantu meningkatkan aliran darah ke otot pada sistem pencernaan maka otot akan bekerja lebih cepat dan efektif dalam mencerna makanan.

Pencernaan yang lancar juga bisa membuat saluran pencernaan kamu lancar.

3. Banyak Minum Air Putih

Selain menghidrasi tubuh, minum air putih juga bisa membuat sistem pencernaan kamu sehat.

Kamu bisa minum air sebanyak 2-3 liter per harinya untuk memenuhi kebutuhan cairan kamu atau dengan makan buah dan sayur yang tinggi air, seperti semangka, tomat, atau selada.

4. Konsumsi Probiotik

Makanan probiotik seperti yogurt, kimchi, acar, dan makanan fermentasi sejenisnya bisa menjadi cara untuk membersihkanpencernaannya.

Makanan tersebut mengandung bakteri baik yang baik untuk pencernaan dan dapat meemperlancar metabolisme.

Nah, sekarang kamu gak perlu khawatir lagi kalau lagi alami penyakit yang di sebabkan karena organ pencernaanmu kotor.

Penulis: Rheyna Leony
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral
#beritaterkini

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life