Home » Israel-Palestina Memanas, Pemerintah Diminta Pastikan Keselamatan WNI

Israel-Palestina Memanas, Pemerintah Diminta Pastikan Keselamatan WNI

by Junita Ariani
1 minutes read
Konflik Israel-Palestina yang kembali memanas.

Konflik Israel-Palestina kian memanas dalam beberapa hari terakhir. Kedua negara yang berkonflik saling berbalas serang.

Perang di jalur Gaza terjadi pada hari Sabtu (7/10/2023), dengan kondisi saling serang antarkedua negara. Akibat eskalasi konflik Israel dan Palestina kali ini, setidaknya sudah hampir seribu orang meninggal dunia.

Serangan dari kedua belah pihak juga menyebabkan ribuan warga terluka. Menurut catatan resmi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), terdapat 13 orang WNI yang menetap di wilayah sekitar Jalur Gaza.

Jalur Gaza merupakan lokasi yang eskalasi konflik antara Palestina-Israel paling mengkhawatirkan. Mereka merupakan relawan kemanusiaan.

Karena itu, Ketua DPR RI Puan Maharani meminta Pemerintah memastikan keselamatan Warga Negara Indonesia atau WNI yang ada di sana.

“Pemerintah harus memastikan warga negara kita yang berada di sana dalam kondisi aman, tidak kekurangan bahan pokok. Karena selama perang, kebutuhan pokok sangat sulit sekali didapatkan. Negara harus hadir memberikan bantuan secepatnya,” ucap Puan.

Baca Juga  Pertahankan Sistem Proporsional Terbuka, DPR RI Dorong Tahun 2023 Jadi Tahun Konsolidasi Pemilu 2024

Dalam keterangan rilisnya di Jakarta, Senin (9/10/2023), Puan meminta Kemenlu harus mengawasi perkembangan situasi di wilayah konflik.

Bahkan siap melakukan evakuasi bila diperlukan untuk melindungi warga Indonesia yang berada di wilayah tersebut.

“Jika memungkinkan dan memang harus dilakukan, Pemerintah harus mengambil langkah responsif dengan upaya evakuasi. Sehingga tidak menjadi korban peperangan,” tegas Puan.

Ia pun turut menyampaikan keprihatinan dengan apa yang dialami korban atas kejadian saling serang antara kelompok militan Hamas dengan Israel.

Puan menilai, Indonesia harus mengambil langkah proaktif dalam mewujudkan perdamaian Israel-Palestina.

Apalagi, situasi konflik yang terjadi saat ini disebut cukup besar dan kondisinya lebih mencekam dari serangan sebelum-sebelumnya. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life