Home » Keren! Kemenag Gandeng Ratusan Influencer Jadi Kader Hisab Rukyat

Keren! Kemenag Gandeng Ratusan Influencer Jadi Kader Hisab Rukyat

by Junita Ariani
2 minutes read
Kemenag menggandeng ratusan influencer (aktivis media sosial) menjadi kader hisab rukyat nasional.

ESENSI.TV - JAKARTA

Kementerian Agama (Kemenag) menggandeng ratusan influencer (aktivis media sosial) menjadi kader hisab rukyat nasional.

Ratusan milenial dan Gen Z ini tergabung dalam “Catch the Moon Ramadhan Kareem” Edukasi, Simulasi, dan Visualisasi Hilal Awal Ramadhan 1445 H.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan, di era kemajuan teknologi, kontestasi di ruang publik akan didominasi oleh mereka yang paling sering hadir.

“Adik-adik sekalian adalah para influencer atau para aktivis media sosial. Kalian lah yang akan memenangkan kontestasi itu. Jadi, saya kira kegiatan ini akan sangat produktif, karena kita akan mencoba mengambil porsi dalam kontestasi di dunia maya,” ujarnya dikutip Minggu (10/3/2024) di Jakarta.

Kamaruddin mengungkapkan, pihaknya ingin memperkenalkan Hisab Rukyat, yang sesungguhnya merupakan kebutuhan umat Islam seluruh dunia, tetapi tidak banyak diketahui.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Ditjen Bimas Islam Kemenag, Adib, mengatakan, kaderisasi Hisab Rukyat ini dikemas dalam berbagai kegiatan. Termasuk melibatkan milenial dan influencer dari seluruh Indonesia.

Baca Juga  DPR Soroti Kenaikan Biaya Haji, Minta Kemenag Jangan Beratkan Jemaah

Adib mengatakan, pendaftar lebih dari 3.500 orang. Para influencer yang datang langsung juga akan mengikuti workshop bersama Tim Kehumasan Ditjen Bimas Islam.

“Ada juga yang hadir melalui Zoom sebanyak 734 peserta. Selain itu, juga ada yang mengikuti melalui live streaming. Jadi, peserta keseluruhannya sekitar 3.500 orang,” ungkap Adib.

Adib mengatakan, kegiatan ini diharapkan menghasilkan dua hal. Pertama, pemahaman di kalangan milenial dan umat Islam. Tentang bagaimana mekanisme Sidang Isbat penentuan awal bulan Kamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Zulhijah.

Dengan adanya pemahaman ini, terjadi saling pengertian terkait dengan persoalan Hisab Rukyat.

​​​​Rangkaian kegiatan kaderisasi tim Hisab Rukyat Nasional ini juga diisi Coaching Video Pendek Moderasi Beragama bagi Pegiat Media Sosial.

Kegiatan yang dijadwalkan Jumat hingga Minggu, 8-10 Maret 2024 ini digelar di Horison Ultima Menteng Jalan Menteng Raya Nomor 33 Kebon Sirih, Menteng, Jakarta. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life