Home » Komisi XI Rampungkan Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota BPK, Siapa yang Lolos?

Komisi XI Rampungkan Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota BPK, Siapa yang Lolos?

by Junita Ariani
2 minutes read
Komisi XI DPR Ri merampungkan uji kelayakan dan kepatutan calon anggota BPK,

ESENSI.TV - JAKARTA

Komisi XI DPR RI merampungkan rangkaian uji kelayakan dan kepatutan Calon Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Rabu (31/5/2023). Sebanyak 13 nama dari berbagai latar belakang masuk dalam bursa calon anggota BPK.

Uji kelayakan dan kepatutan ini dilakukan dalam 3 hari dan dimulai Senin, (29/5/2023).

“Tes ini akan dibagi menjadi beberapa sesi setiap harinya,” kata Wakil Ketua Komisi XI, Dolfie Othniel Frederic Palit, Rabu, (31/5/2023), di Jakarta.

Dikatakannya,  calon anggota BPK yang terakhir memberikan paparan atas makalah yang disampaikan kepada Komisi XI DPR RI, adalah Hadi Purnomo.

Karena itu, Dolfie mengingatkan agar penyampaian paparan ditekankan pada rencana dan gebrakan yang akan dibuat saat calon menjadi anggota BPK nanti.

“Karena makalah bapak sudah kami terima jadi tidak perlu menjelaskan panjang-panjang. Cukup pada intinya apa yang bapak ingin lakukan di BPK. Beri keyakinan kepada kami bahwa memang bapak mampu menjadi anggota BPK RI,” ujar Dolfie.

Penekanan itu disampaikan Dolfie saat membuka sesi terakhir rangkaian uji kelayakan dan kepatutan calon anggota BPK di gedung Nusantara I, Senayan Jakarta.

Baca Juga  Beri Penghargaan Kapolrestabes Medan dan Kasat Reskrim, Hassanudin: Ini Prestasi Besar

Sama seperti calon anggota lainnya, Hadi diberikan waktu 15 menit untuk memaparkan gagasan yang ditulisnya dalam makalah.

Setelah itu para anggota Komisi XI bergantian mengajukan pertanyaan terkait substansi yang dibahas. Dalam setiap sesinya para calon anggota BPK juga diberikan kesempatan memberikan jawaban singkat atas pertanyaan dewan.

Sore Ini Pengambilan Keputusan

Pada hari ini, Komisi XI melakukan uji kelayakan dan kepatutan pada 4 calon anggota BPK, yakni Slamet Edy Purnomo, Tornanda Syaifullah, Erwin Sasmita dan Hadi Purnomo.

Rencananya, Komisi XI akan melakukan Pengambilan Keputusan Calon Anggota BPK RI pada sore hari ini.

Nantinya, Komisi XI DPR RI akan secara resmi menyampaikan nama calon anggota terpilih dalam sidang Paripurna DPR RI.

Uji kelayakan dan kepatutan calon anggota BPK ini diselenggarakan untuk mencari pengganti Anggota BPK RI, Agus Joko Pramono. Di mana Agus akan habis masa jabatannya pada 1 Agustus 2023 mendatang. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life