Home » Ratas Persiapan PON Aceh-Sumut 2024, Pembangunan Venue Sedang Berlangsung

Ratas Persiapan PON Aceh-Sumut 2024, Pembangunan Venue Sedang Berlangsung

by Junita Ariani
1 minutes read
Menkominfo Budi Arie Setiadi (kedua dari kanan) dan Waketum KONI Pusat Soewarno (kedua dari kiri) memberikan keterangan pers persiapan PON XXI, di Jakarta, Senin (9/10/2023)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas (ratas) persiapan penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2024. Rapat digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/10/2023).

Saat ini di kedua provinsi tuan rumah, Aceh dan Sumut tengah dilakukan proses pembangunan dan rehabilitasi sejumlah venue.

Pembangunan tersebut dilakukan dengan menggunakan APBN melalui Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) dan APBD.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum (Waketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Soewarno usai mengikuti ratas.

“Di Aceh dalam waktu dekat ini akan dilakukan pembangunan, 13 venue renovasi dan 1 venue dayung untuk pembangunan baru. Yang mengerjakan PUPR, sehingga kami yakin semuanya akan selesai paling lambat Juli akhir atau Agustus tahun depan. Pasti akan siap,” ujar Soewarno.

Selain 13 venue tersebut, kata Soewarno, terdapat juga sejumlah venue di Aceh yang direnovasi menggunakan APBD.

“Harapannya, karena ini sifatnya renovasi yang tidak terlalu berat, maka akan selesai pada waktunya,” ujarnya.

Siapkan Infrastruktur Telekomunikasi

Sementara di Sumut, kata Soewarno, sarana yang sedang dikerjakan, antara lain, stadion madya untuk atletik dan venue untuk bela diri. Stadion dan venue itu terletak di Desa Sena, Deliserdang.

Baca Juga  Sumber Pangan Lokal untuk Atasi Stunting di Aceh Berlimpah

Saat ini juga kata Soewarno, tengah dilakukan babak kualifikasi PON untuk sejumlah cabang olahraga (cabor). Menurutnya, jumlah total cabor yang akan dipertandingkan mencapai 65 cabor.

“Dilihat dari dua kesiapan ini, tidak ada alasan untuk PON tidak dilaksanakan. Dan, kita yakin bahwa PON akan dilaksanakan tahun depan,” jelasnya.

Sementara itu, Menkominfo, Budi Arie Setiadi mengatakan, pihaknya akan memastikan kesiapan infrastruktur telekomunikasi dan komunikasi publik. Hal itu guna mendukung ajang olahraga nasional tersebut.

“Kominfo menyiapkan buat teman-teman kalau meliput, broadcasting-nya, sinyalnya, urusan kita yang itu-itu saja. Supaya teman-teman wartawan meliput bagus, siaran langsung top, itu saja,” ujar Budi.

Meskipun baru pertama kali digelar di dua provinsi, Budi meyakini PON XXI pada September 2024 ini dapat terselenggara dengan baik tanpa ada kendala. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life