Home » Target Tercapai, Sebanyak 2,9 Juta Produk Sudah Kantongi Sertifikat Halal

Target Tercapai, Sebanyak 2,9 Juta Produk Sudah Kantongi Sertifikat Halal

by Ale Luna
2 minutes read
Target Tercapai, Sebanyak 2,9 Juta Produk Sudah Kantongi Sertifikat Halal/Kemenag

ESENSI.TV - JAKARTA

Sebanyak 2,9 juta produk sudah kantongi sertifikat halal hingga 24 Oktober 2023. Data ini sekaligus melampaui target Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag yang ingin mencapai satu juta produk bersertifikat halal pada 2023.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag M. Aqil Irham saat melaporkan capaian percepatan sertifikasi halal di hadapan Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada gelaran Sharia Economic Festival (ISEF) ke-10 tahun 2023 di JCC, Jakarta.

“Program percepatan sertifikasi halal telah menunjukkan hasil signifikan. Di antaranya seperti yang ditampilkan pada dashboard SIHALAL ini,” kata Aqil Irham, dilansir laman www.kemenag.go.id, Jumat (27/10).

“Grafik pertumbuhan jumlah penerbitan sertifikat halal meningkat signifikan, terutama dalam dua tahun terakhir. Hingga hari ini, sebanyak 2,9 juta produk telah bersertifikat halal,” lanjut dia.

Pencapaian tersebut, lanjut Aqil, tidak terlepas dari sejumlah upaya strategis yang terus dilakukan oleh BPJPH untuk mendorong laju percepatan sertifikasi halal.

Disebutnya, berbagai upaya tersebut secara simultan dilakukan dalam rangka mewujudkan transformasi layanan sertifikasi halal yang mudah, murah, cepat, profesional dan akuntabel.

Baca Juga  5.592 Rumah Tangga Pra Sejahtera di Cianjur Nikmati Sambungan Listrik Gratis

Berbagai upaya strategis tersebut dimulai dari percepatan regulasi, digitalisasi sistem layanan Sihalal, penetapan tarif layanan yang terjangkau, dan fasilitasi sertifikasi halal gratis bagi UMK. BPJPH juga melakukan penguatan infrastruktur layanan dengan memperkuat dan memperbanyak Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) berikut SDM-nya.

Terbaru, BPJPH juga memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Blockchain untuk mendukung digitalisasi layanan.

“Dalam hal penguatan infrastruktur layanan, hingga saat ini telah terbentuk 66 LPH yang didukung oleh 776 Auditor Halal. Juga, 221 LP3H dengan 71.133 Pendamping PPH yang tersebar di seluruh Indonesia. Ini kami maksudkan agar layanan sertifikasi halal menjadi semakin dekat kepada masyarakat,” kata Aqil.

“Untuk mendukung ekosistem industri halal, saat ini tersedia 4.146 Penyelia Halal. Dan kami masih terus berupaya memperkuat SDM di bidang halal ini dengan terus mendorong pelatihan-pelatihan Auditor Halal, Pendamping PPH, Penyelia Halal, Juru Sembelih halal, termasuk melalui 16 Lembaga Pelatihan JPH yang ada,” lanjut dia.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral

#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life