Home » Wisuda Universitas Paramadina: Sarjana hingga Magister Jadi Modal Penting SDM

Wisuda Universitas Paramadina: Sarjana hingga Magister Jadi Modal Penting SDM

by Administrator Esensi
1 minutes read
Wisuda Universitas Paramadina

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Fatchiah E. Kertamuda, M.Sc menyampaikan, wisuda Universitas Paramadina kali ini mengalami peningkatan jumlah lulusan. Secara keseluruhan, ada total 491 wisudawan yang terbagi atas wisudawan sarjana dan magister.

“Pada wisuda ke 39 ini Universitas Paramadina meluluskan 301 sarjana dan 190 magister, total meluluskan 491 wisudawan.” tuturnya, Sabtu (28/10).

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) 3 DKI Jakarta, Mulhadi HM, SH, MH menyebut, para sarjana dan magister merupakan modal penting untuk sumber daya manusia yang akan berkontribusi untuk kemajuan bangsa.

“Keberhasilan kalian dalam meraih gelar Sarjana dan Magister di Universitas Paramadina akan menjadi modal penting untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dan berkontribusi untuk kemajuan bangsa. Namun, demikian itu belum cukup untuk memanfaatkan bonus demografi dengan optimal. Sebagai sarjana harus menjadi sarjana unggul dan kompetitif.” jelasnya.

Wisudawan Perlu Siapkan Aspek Penting

Lebih lanjut, Mulhadi menyinggung aspek penting yang harus disiapkan oleh wisudawan. Aspek ini berkaitan dengan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi sosial.

Baca Juga  Kemenperin Sebut SDM Industri Jadi Subjek Pembangunan Ekonomi

“Kalian harus menyiapkan diri dengan bekal yang baik dari aspek pengetahuan, keterampilan, kompetensi sosial yang dibutuhkan dalam pasar kerja di era mendatang. Dengan demikian bonus demografi akan membawa berkah bagi kehidupan bangsa, bukan menjadi defisit bagi bangsa.” harapnya.

Menurut Mulhadi, pengetahuan dan etika yang baik masih diperlukan, terutama untuk melawan korupsi. Ia berharap para wisudawan dapat menjadi agen perubahan di masa depan.

“Sebagai sarjana Anda juga harus membekali diri dengan pengetahuan dan etika yang baik untuk mencegah dan melawan korupsi. Dalam lingkup masyarakat yang masih rentan terhadap korupsi Sarjana dan Magister diharapkan mampu menjadi agen perubahan dan akan menjadi panutan bagi masyarakat” pungkasnya.

Di antara 1600-an tamu tampak hadir keluarga wisudawan, seperti Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Agus Harimurti Yudhoyono beserta istri. Acara yang berlangsung meriah diakhiri pada pukul 13.00 WIB.

 

Editor: Addinda Zen/Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life