Home » Duh Nikmatnya! Ini 4 Rekomendasi Makanan Enak di Jambi

Duh Nikmatnya! Ini 4 Rekomendasi Makanan Enak di Jambi

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Makanan Khas Lebaran di Indonesia

ESENSI.TV - JAMBI

Jambi adalah provinsi di pulau Sumatera Indonesia dengan penduduk yang mayoritas berdarah melayu. Hal tersebut karena secara geografis provinsi Jambi terletak di sebelah Sumatera Barat dan Selatan.

Nah, jika kamu ingin berwisata kemari, Jambi juga punya berbagai kuliner yang sedap nian oi. Dengan bumbu yang kuat dan cita rasa yang khas dijamin mampu memikat lidah kamu.

Nah, untuk itu ini dia 4 rekomendasi kuliner yang wajib kamu cicipi saat berwisata ke Jambi.

1. Tempoyak

Makanan khas yang pertama ada tempoyak. Tempoyak sendiri adalah makanan fermentasi yang berbahan dasar durian.

Setelah di fermentasi, durian akan mengeluarkan aroma menyengat dan cita rasa asam yang khas dengan daging buah yang lembek.

Karena rasanya yang khas inilah yang membuat tempoyak diminati, terkadang dijadikan sebagai lauk atau diolah dengan bumbu yang nantinya akan di samtap dengan nasi panas.

2. Dendeng Batokok

Dendeng batokok adalah kuliner khas yang berbahan dasar daging sapi. Batokok sendiri berarti di tokok atau di pukul.

Hal tersebut membuat makanan ini memiliki fisik yang pipih dengan bumbu atau sambal di sajikan di atasnya. Dendeng batokok merupakan salah satu makanan khas di kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Baca Juga  Kimchi Ternyata Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan

3. Kue Padamaran

Kue padamaran adalah makanan atau cemilan tradisional khas yang berbahan baku tepung beras dan santan. Cemilan yang satu ini memiliki cita rasa gurih dan lembut enyerupai bubur sumsum. Tak hanya itu, kue ini juga memiliki warna hijau yang berasal dari air daun suji serta di sajikan dengan gula merah pada bagian atas dan dasarnya.

4. Gulai Tepek Ikan

Makanan yang satu ini memiliki bahan dasar ikan gabus atau ikan tenggiri yang dimasak menggunakan bumbu gulai. Nama tepek sendiri di dapat karena memiliki arti di pipihkan dalam bahasa Jambi.

Di Jambi, makanan ini biasanya disajikan pada cara-acara tertentu. Namun, kian berkembangnya jaman, kamu tak perlu khawatir lagi, karena menu ini sudah kerap di jual di berbagai rumah makan di Jambi.

Nah, itu dia 4 makanan khas Jambi yang wajib kamu coba setidaknya sekali seumur hidup, atau mungkin kamu sudah pernah coba? Favorite kamu yang mana, nih?

Penulis: Rheyna Leony
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral
#beritaterkini

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life