Home » Jangan Lewatkan 5 Manfaat Nanas untuk Kesehatan, Diantaranya Meningkatkan Sperma

Jangan Lewatkan 5 Manfaat Nanas untuk Kesehatan, Diantaranya Meningkatkan Sperma

by Junita Ariani
1 minutes read
Berikut manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh,

Buah nanas atau nenas ternyata banyak mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah yang juga dikenal dengan nama Ananas comosus ini memiliki cita rasa manis cenderung asam.

Begitupun, buah bersisik ini memiliki kandungan tinggi serat dan kalori yang relatif rendah, sehingga kerap kali menjadi menu buah sehat untuk diet.

Masyarakat zaman dulu juga memanfaatkan nanas sebagai obat tradisional, yakni untuk mengatasi batuk dan bahan alami untuk mencegah munculnya keriput pada wajah.

Berikut manfaat nanas untuk kesehatan tubuh, dikutip, Senin (2/10/2023).

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Dari hasil studi Journal of Bone and Mineral Research, buah yang satu ini ternyata memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan baik untuk kesehatan tulang.

Vitamin C terbukti mampu merangsang produksi sel pembentuk tulang dan melindungi sel tulang dari kerusakan, salah satunya osteoporosis.

2. Kaya akan antioksidan

Nanas juga mengandung antioksidan yang dapat membantu tubuh menangkal stres oksidatif. Stres oksidatif terjadi karena banyaknya radikal bebas, molekul tidak stabil. Yang menyebabkan kerusakan sel yang berkaitan dengan peradangan kronis, melemahnya kesehatan kekebalan tubuh, dan lainnya.

Buah ini sangat kaya akan antioksidan jenis flavonoid dan senyawa fenolik. Studi pada hewan tikus dalam Nutrition & Metabolism menyebutkan, antioksidan nanas mungkin memiliki efek perlindungan jantung.

Baca Juga  Buah Ini Baik untuk Tulang dan Menurunkan Berat Badan

Meski begitu, penelitian terhadap manfaat ini pada manusia masih kurang.

3. Meningkatkan produksi sperma

Nah, buah ini juga ternyata dipercaya membantu meningkatkan pembentukan sperma. Hal ini berkat kandungan enzim bromelain yang dapat merangsang pembentukan hormon testosteron. Sehingga produksi sperma juga ikut mengalami peningkatan.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan enzim bromelain pada nanas berfungsi sebagai agen antiinflamasi dan qntikoagulasi (pengencer darah). Keduanya dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, efek antikoagulasi ini dapat membantu meningkatkan aliran darah, termasuk dalam rahim dan lapisannya. Buah satu ini juga menurunkan potensi peradangan pada reproduksi wanita seperti endometriosis.

Ini artinya, nanas menjadi salah satu buah yang dapat membantu meningkatkan kesuburan.

5. Meringankan sinusitis

Manfaat lainnya adalah membantu meringankan gejala sinusitis, kondisi peradangan yang menyerang rongga pada sekitar hidung. Ini berkat kandungan enzim bromelain yang memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan yang membantu meredakan nyeri.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Radja H Napitupulu

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life