Home » Pasokan Listrik dan BBM Sumatera Barat Dipastikan Aman Jelang Tahun Baru

Pasokan Listrik dan BBM Sumatera Barat Dipastikan Aman Jelang Tahun Baru

by Junita Ariani
2 minutes read
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, meninjau kesiapan kelistrikan Sumatera Barat dan sekitarnya, Jumat (29/12/2023).

ESENSI.TV - PADANG

Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) memastikan ketersediaan listrik dan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) di berbagai daerah pada periode Nataru aman untuk masyarakat.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, meninjau kesiapan kelistrikan Sumatera Barat dan sekitarnya, Jumat (29/12/2023).

Peninjauan dilakukan pada unit Distribution Control Center (DCC), UP2D, PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat. Kemudian dilanjutkan dengan pemantauan penyediaan BBM di Integrated Terminal BBM Teluk Kabung dan beberapa SPBU yang ada di jalur utama Padang-Bukittinggi.

Di DCC UP2D, Dadan menyampaikan apresiasi atas persiapan dan antisipasi yang dilakukan oleh tim PLN UIW Sumatera Barat dalam menjaga ketersediaan pasokan jelang Tahun Baru ini.

“Waktu kritis ini jangan sampai ada gangguan yang dapat mempengaruhi aktivitas. Harus terus menjaga kualitas ketersediaan listriknya,” kata Dadan di depan para pegawai PLN UIW Sumbar yang bertugas.

Ia juga berpesan, faktor keselamatan harus tetap menjadi perhatian utama saat memberikan pelayanan menuju pergantian tahun.

“Saya tidak akan bosan mengingatkan agar dalam melayani terus mengutamakan safety, sehingga angka fatality dapat terus ditekan,” jelasnya.

Masa Siaga Nataru

General Manager PLN UIW Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho, mengatakan PLN telah menyiapkan Masa Siaga Nataru mulai 15 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024.

“Selama masa tersebut, semua kegiatan pemeliharaan yang bersifat padam penyulang ditiadakan dan memaksimalkan tim PDKB di semua unit,” jelas Eric.

Baca Juga  Biar Nggak Tergoda Korupsi, Kementerian ESDM Gandeng KPK Gelar PRESTASI

Ia menuturkan, realisasi beban puncak Sumatera Barat pada Natal 25 Desember 2023 sebesar 571 MW. Cadangan Operasi 103 MW, dan kondisi kelistrikan berada pada kondisi Normal.

Sementara itu, untuk prediksi beban puncak Tahun Baru 1 Januari 2024 sebesar 594,6 MW, Cadangan Operasi 224,5MW.

“Kami juga telah menetapkan lokasi prioritas VVIP selama masa Siaga di PLN UIW Sumbar berjumlah 49 lokasi. Terdiri dari Gereja, Kantor Pemda, Kantor TNI/POLRI, Rumah Sakit dan dinas terkait lainnya,” papar Eric.

Selanjutnya dalam kunjungannya memantau kesiapan Integrated Terminal BBM Teluk Kabung, pasokan BBM dilaporkan aman.

Dengan coverage day masing-masing bahan bakar Pertalite (14,5 hari), Pertamax (58,6 hari), Pertamax Turbo (147 hari), Solar (44,8 hari), Avtur (35 hari) dan LPG (6,4 hari).

Executive General Manager Pertamina Regional Sumbagut Freddy Anwar mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan antisipasi khusus jelang Tahun Baru.

Salah satunya dengan menyediakan 16 titik kantong SPBU di daerah rawan kemacetan di Sumbar.

“Kami akan terus memastikan listrik dan BBM yang cukup, juga mitigasi kegunungapian dan gerakan tanah yang terjadi di wilayah Sumbar. Sehingga masyarakat dapat melakukan aktivitas dan melewati pergantian tahun dengan baik,” tutup Dadan. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life