Home » Pemprov Sumut Dorong Pemkab/Pemko Terapkan Teknologi Smart City

Pemprov Sumut Dorong Pemkab/Pemko Terapkan Teknologi Smart City

by Junita Ariani
1 minutes read
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumut Ilyas Sitorus menghadiri Pengenalan Inovasi Teknologi Smart City pada Kabupaten dan Kota se-Sumut.

ESENSI.TV - MEDAN

Pemerintah Kabupaten (Pemkab), dan Pemerintah Kota (Pemko) di Sumatera Utara (Sumut) didorong menerapkan teknologi smart city (kota cerdas) di daerahnya. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi kebijakan.

“Pembangunan smart city merupakan inovasi teknologi yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu menjaga ketertiban di lingkungan yang semakin kompleks,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut, Ilyas Sitorus.

Ilyas mengatakan itu di acara pengenalan inovasi teknologi smart city pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Hotel Grand Mercure, Jalan Sutomo, Medan, Selasa (30/5/2023).

Pada prinsipnya, kata dia, teknologi smart city merupakan teknologi yang mempermudah pemerintah menjalankan kebijakan dengan efisien. Teknologi ini merupakan solusi keamanan cepat dan efisien untuk jutaan penduduk di Sumut.

“Kami percaya bahwa keberadaan teknologi ini akan sangat membantu pemerintah dalam memperkuat infrastruktur keamanan di seluruh Indonesia,” kata Ilyas.

Baca Juga  90 Atlet Pelajar Sumut Ikuti POPNAS XVI di Palembang, Targetkan 18 Emas

Meskipun begitu, lanjut Ilyas, setiap wilayah memiliki kebutuhan dan ciri khas penerapan smart city yang berbeda-beda. Untuk itu, diperlukan pemahaman yang sama mengenai smart city oleh setiap pihak.

“Ada beberapa yang saya temukan di lapangan, hampir semua dearah mereka punya command center,” kata Regional Business Manager Hikvision Ocha Sandi Wijaya.

Banyak materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut. Di antaranya pengembangan kota cerdas, teknologi internet of things, big data, artificial intelligence (AI).

Teknologi tersebut dapat dimanfaatkan meningkatkan efisiensi, keamanan dan kualitas hidup. Peserta yang hadir pun berasal dari pemerintah kabupaten/kota se-Sumut dan organisasi perangkat daerah di Lingkungan Pemprov Sumut. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life