Home » Tandai dan Hindari! Ini 4 Makanan Penyebab Darah Tinggi

Tandai dan Hindari! Ini 4 Makanan Penyebab Darah Tinggi

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Cara Menurunkan Hipertensi

ESENSI.TV - JAMBI

Darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah berada di atas 140/90. Hipertensi memang tidak menunjukan gejala. Namun jika dibiarkan akan masalah kesehatan serius seperti stroke dan penyakit jantung.

Jika kita berbicara tentang gaya hidup sehat, maka sangat penting untuk memperhatikan pola makan. Hal itu karena makanan menjadi pola penting sebagai asupan nutrisi dalam tubuh.

Nah, untuk itu perlu bagi kamu mengerti dan tau, apa sih makanan yang akan masuk ke dalam tubuhmu? Selain itu kamu juga harus mengetahui batas porsi yang baik untuk tubuhmu.

Jika kamu tidak memperhatikannya, maka siap-siap akan mengalami darah tinggi yang akan memicu banyak masalah kesehatan seperti serangan jantung, stroke, dan gagal jantung.

Untuk itu, ini dia 4 makanan yang perlu kamu batasi untuk mencegah naiknya tekanan darahmu. menurut laman halodoc. Yang terakhir siapa sangka.

1. Makanan Asin

Garam dan kandungan natrium tinggi yang ada di dalamnya sudah sangat sering menjadi isu utama dalam naiknya tekanan darah tinggi.

Jika dalam porsi normal, natrium sangat di perlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan fungsi otot, dan sinyal saraf.

Namun sebaliknya, guys. Jika kamu memasukkan kandungan ini ke dalam tubuhmu terlalu banyak, justru akan mempengaruhi keseimbangan cairan, fungsi otot, dan sinyal syaraf.

Adapun makanan tinggi natrium yang dapat kamu hindari seperti makanan olahan, makanan cepat saji, cemilan asin, dan saus kemasan.

Baca Juga  Nyeri Bagian Perut Bawah Bagian Kanan? Bisa Jadi Kamu Menderita Penyakit Ini

2. Makanan Tinggi Lemak

Makanan berlemak biasanya di hasilkan dari hewan, seperti daging merah berlemak, lemak susu, mentega, dan keju keras.

Ketika kamu mengonsumsi salah satu dari makanan yang mengandung lemak, maka dapat meningkatkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh kamu sehingga terjadi penumpukan plak pada dinding arteri.

Hal tersebut juga akan membuat saluran darah menjadi sempit dan membatasi aliran darah ke seluruh organ, termasuk jantung dan otak.

3. Minuman Beralkohol

Gaya hidup kekinian terkadang membawa kamu ke dalam nikmatnya dunia alkohol. Namun, tahukah kamu? Ternyata minuman ini dapat meningkatkan tekanan darah.

Juga bagi kamu yang sudah memiliki riwayat hipertensi, mengonsumsi makanan dan minuman yg mengandung alkohol dapat memperparah kondisi kesehatan kamu, lho.

4. Sayuran Beku

Pasti kamu sudah tak asing lagi dengan produk sayuran beku. Selain praktis, bahan makanan ini juga awet untuk di simpan.

Namun, tahukah kamu? Ternyata sayuran beku memiliki kandungan natrium yang sangat tinggi hingga melebihi batas asupan garam harian.

Maka dari itu, perlu bagi kamu mengurangi mengkonsumsi makanan ini untuk melakukan pencegahan pada peningkatan hipertendi.

Nah, itu dia 4 makanan yang bahaya jika terlalu banyak di konsumsi untuk penderita tekanana darah tinggi.

Penulis: Rheyna Leony
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral
#beritaterkini

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life